Sejarah Masyarakat Batak Toba

Masyarakat Batak Toba mendiami tempat permukiman khas dalam kelompok kecil yang disebut Huta. Pada awalnya, setiap desa atau huta dipagar dengan tanah (benteng) yang ditumbuhi oleh pohon bambu untuk menghindar dari serangan binatang buas

Sejarah Masyarakat Batak Toba

Huta Batak dan Pengertiannya

Masyarakat Batak Toba mendiami tempat permukiman khas dalam kelompok kecil yang disebut Huta. Pada awalnya, setiap desa atau huta dipagar dengan tanah (benteng) yang ditumbuhi oleh pohon bambu untuk menghindar dari serangan binatang buas. Biasanya, disetiap kampung terdapat pohon beringin untuk memberikan kesejukan kepada penghuni rumah. Huta adalah komunitas terkecil dalam sistem politik orang Batak Toba.

Pada setiap huta, terdapat gerbang desa (harbangan) yang berfungsi sebagai jalan masuk menuju desa. Setiap satu desa, biasanya terdiri dari puluhan dan beberapa ratus orang saja yang masih memiliki hubungan darah.

Dalam satu desa, terdapat 20-30 rumah serta beberapa sopo, lumbung maupum lesung. Posisi rumah disebelah selatan dan sopo selalu berhadapan dengan rumah. Keduanya berderet menghadap halaman atau halaman yang membujur ke timur-barat.

Rumah berfungsi untuk tempat tinggal. Selain rumah, terdapat sopo yang berfungsi sebagai tempat pertemuan adat, tempat menginap tamu atau tempat kegiatan produktif seperti menenun ulos atau membuat karya karya lain.

Kerbau di Danau Toba

Mata Pencaharian

Pada awalnya, masyarakat Batak Toba pada umumnya adalah petani, atau berkebun dalam skala terbatas. Orang Batak Toba dikenal dengan petani lahan basah atau sawah (wet cultivation). Hasil pertanian utama adalah beras, yang dijadikan makanan utama.

Tradisi pertanian dapat dilihat dari keragaman artefak alat pertanian dan alat pengolahan hasil bumi serta alat masaknya. Tradisi tersebut juga tercermin dari kekayaan ragam hias dan simbologi yang umum terdapat pada masyarakat agraris. Lumbung padi Batak atau Sopo dibangun dan dihias dengan motif dan simbol kesuburan yang indah, seperti rumah tradisionalnya.

Model pengolahan sawah menggunakan bajak yang ditarik oleh kerbau, ataupun menggunakan cangkul, parang dan lain-lain.

Desa Adat Batak

Pemerintahan Tradisional

Bentuk kesatuan sosial politik terkecil adalah Huta yang meliputi ratusan orang dan bahkan sering hanya terdiri dari orang-orang yang merupakan keturunan dari seorang kakek asal (Satu Marga) yang terikat oleh hubungan darah.

Pemegang otoritas tertinggi yang disebut Huta (Desa) adalah pria yang tertua dari pendiri daerah pemukiman yang bersangkutan dan biasanya diwariskan kepada generasi berikutnya secara patrilineal.

Pemimpin Huta tersebut dinamai dengan Raja Ni Huta atau Tunggane Huta yang memiliki tanggung jawab memimpin kehidupan masyarakat, ketertiban, termasuk menyelesaikan sengketa maupun menegakkan hukum adat. Selain itu, Tunggane Huta juga mengurus seperti perkawinan, transaksi dagang, maupun transaksi tanah. Oleh karena itu, seorang Tunggane Huta mendapat imbalan yang disebut Upa Raja.

COMMENTS

Nama

Angkola,1,Artikel,11,Balige,3,Bandara Silangit,3,Batak,3,Batak Pakpak,1,Berastagi,3,Dairi,1,Danau Toba,9,Event,1,Huta Ginjang,2,Kain Ulos,1,Medan,3,Patung Sigale Gale,1,Rafting,1,Samosir,3,Sejarah Danau Toba,2,Simalungun,1,Sipinsur,1,Suku Batak Toba,1,Tanah Karo,1,Top Tour,3,Tor Tor Dance,1,Tour,7,
ltr
item
Pesona Danau Toba: Sejarah Masyarakat Batak Toba
Sejarah Masyarakat Batak Toba
Masyarakat Batak Toba mendiami tempat permukiman khas dalam kelompok kecil yang disebut Huta. Pada awalnya, setiap desa atau huta dipagar dengan tanah (benteng) yang ditumbuhi oleh pohon bambu untuk menghindar dari serangan binatang buas
https://1.bp.blogspot.com/-UaVU4gts1Io/XUlEilmXM7I/AAAAAAAAFVA/XLPQs6Dl3VAS2rDVmMP0Jk7YB8EowEwIACEwYBhgL/s1600/kampung-batak.jpg
https://1.bp.blogspot.com/-UaVU4gts1Io/XUlEilmXM7I/AAAAAAAAFVA/XLPQs6Dl3VAS2rDVmMP0Jk7YB8EowEwIACEwYBhgL/s72-c/kampung-batak.jpg
Pesona Danau Toba
https://www.pesonadanautoba.com/2019/08/sejarah-masyarakat-batak-toba.html
https://www.pesonadanautoba.com/
https://www.pesonadanautoba.com/
https://www.pesonadanautoba.com/2019/08/sejarah-masyarakat-batak-toba.html
true
298589082999861049
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share to a social network STEP 2: Click the link on your social network Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy